Haloo sobat ternak.. semoga kalian yang membaca artikel ini selalu diberikan kesehatan dan sukses menjadi seorang peternak yaaaaa...... amiiiin.
Baiklah kali ini admin akan membagikan pengalaman admin saat awal memulai usaha ternak. Untuk menjadi seorang Job Creator yang terjun di dunia usaha ternak, tidaklah mudah loo... Perlu adanya tahapan untuk menjadi seorang wirausahawan muda sukses di sektor peternakan. Apa saja tahapan-tahapan tersebut:
1. Riset Pasar
Sobat ternak., sebelum memulai usaha di sektor peternakan itu, perlu melakukan riset pasar. Artinya sobat ternak harus terjun secara langsung ke pasar dan peternak untuk mengetahui apa yang akan menjadikan peluang usaha bagi sobat ternak. Lakukan interaksi kepada peternak dan penjual di pasar tentang permintaan suatu barang yang sekarang lagi banyak dibutuhkan, dan sifanya continue. Jika sobat ternak memulai usahanya hanya karna punya modal besar dan asal asalan dalam menjalankan usaha (yang penting niat), maka kedepanya pasti sobat ternak akan mengalami banyak hambatan. Untuk melakukan riset bisa juga sobat ternak lakukan dengan memanfaatkan situs internet atau sosmed.
Dengan memanfaatkan situs internet dan sosmed, sobat ternak bisa dengan mudah mengetahui produk apa yang sekarang sedang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di sektor peternakan. Bagaimana caranya melakukan riset peluang pasar di internet atau sosmed?.., yaitu sobat ternak bisa dengan memasuki fitur-fitur atau fasilitas yang telah di sediakan, misalnya fitur grup jual beli di Facebook. Sobat ternak bisa gabung di grup jual beli yang sudah ada, dan menggali informasi tentang suatu produk yang banyak permintaanya. Sobat ternak juga bisa melakukan interaksi tanya jawab di grup, banyak sekali para peternak sukses yang membuka kesempatan bagi pelaku usaha pemula untuk dijadikan mitra.
Menjadi mitra dari seorang peternak sukses merupakan kesempatan bagi sobat ternak untuk mencoba dan menelateni usaha tersebut apabila dirasa cocok dan mendukung di lingkungan sobat ternak, maka dari itu tidak hanya riset pasar saja tapi juga pahami bagaimana kondisi geografi lingkungan sobat ternak.
2. Kenali Produk Ternak
Ini adalah faktor penting sebagai pelaku usaha ternak pemula, banyak dari seseorang yang menjalankan budidaya ternak karna faktor hobi bukan karna faktor peluang. Memang biasanya faktor hobi itu bisa jadi peluang. Tapi ingat jika sobat ternak berawal dari hobi maka sobat ternak tidak akan menemukan yang namanya pasar, karena hobi itu sifatnya untuk kepentingan diri sendiri bukan untuk kepentingan orang banyak. Jadi kenali produk ternak dari hasil melakukan riset dimana produk tersebut banyak diminati dan bersifat continue.
Bagaimana caranya agar kita kenal hewan ternak yang akan kita budidaya?., yaitu dengan cara banyak membaca artikel tentang bagaimana manajemen usaha ternak tersebut, disertai dengan terjun secara langsung melakukan magang di salah satu tempat peternak sukses (karena Teori dan Praktek harus seimbang).
3. Lokasi Usaha
Lokasi usaha mendukung keberlangsungan usaha ternak, semakin bagus dan strategis maka semakin cepat dikenal orang banyak. Sesuiakan hasil riset tentang suatu ternak dengan lokasi yang sekarang sobat tinggali. Misalnya luas lokasi sesuai apa tidak, lalu apakah hewan ternak tersebut bisa mengganggu orang-orang sekitar karna bau kotoranya, dsb.
4. Harga
Inilah salah satu kenapa riset pasar itu penting, karena dengan melakukan riset pasar kita tau patokan harga, naik turunya harga, serta faktor-faktor yang bisa mempengaruhi harga suatu produk peternakan. Dengan kita mengetahuinya, memungkinkan kita untuk meminimalisir penipuan harga jual oleh para konsumen, pengepul ataupun mitra. Untuk mengetahui harga yang akan dipatok agar tidak rugi maka perlu sobat ternak belajar analisis usaha. Analisis usaha akan memudahkan sobat mengetahui modal yang sobat ternak pakai nanti apakah bisa cukup untuk melakukan usaha ternak dan berapa keuntunganya. (jadi jangan asal menentukan harga meskipun kalo dilihat itu untung) tapi belum tentu itu untung nya pas-pasan atau meningkat banyak.
5. Promosi dan Pemasaran
Inilah yang menjadi ujung tombak produk sobat ternak dapat terjual atau tidak, karena ini berhubungan dengan peternakan. Maka resiko yang dihadapi sangat besar, mulai dari Kematian, gulung tikar karena kalah dengan kebutuhan pakan dsb. Untuk itu sobat ternak perlu menentukan target kapan produk ternak sobat terjual dengan cara promosi dan pemasaran. Itulah kenapa saya katakan bahwa menjadi seorang mitra sangatlah banyak keuntunganya, seperti pasarnya jelas dan produk pasti keluar. Tetapi sobat juga harus berkembang dan tidak mengandalkan mitra untuk bisa meningkatkan pendapatan sobat. Dengan cara promosi dan memasarkan produk baik secara konvensional maupun online.
Pemasaran dan Promosi produk ternak secara konvensional bisa dengan memasang baliho, menyebarkan pamflet, brosur ke konsumen secara langsung, dijual di pasar hewan, ataupun pengepul yang berani dengan harga tinggi. Pemasaran dan promosi secara Online bisa dengan memanfaatkan internet seperti blog dan website, atau bisa juga dengan melalui sosmed seperti facebook. Dengan cara memposting produk, dan masuk di marketplace facebook, atau masuk ke grup jual beli facebook yang sudah terbentuk dimana anggotanya cukuplah banyak.
Semoga Bermanfaaat...........Salam Peternakan!
No comments:
Post a Comment